Kamis, 25 Juni 2009

Perbedaan Search Engine dengan Direktori

Search engine adalah sebuah situs yang memiliki database yang sangat besar yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat di internet.

Informasi yang bisa dibaca oleh search engine dapat berupa teks, suara, gambar, atau video. Untuk mengindex sekian banyak alamat-alamat situs di internet tersbut, search engine mempunyai sebuah program khusus yang disebut spider, bot, atau crawler.

Pada saat melakukan pencarian, spider dari search engine tersebut akan mengindex dan mendeteksi alamat-alamat di internet yang sesuai berdasarkan kata kunci yang anda ketikkan dan menampilkanya sebagai hasil pencarian.
Contoh search engine adalah google, yahoo, dan MSN search.

Sedangkan direktori sendiri pengertianya hampir sama dengan search engine. Tapi yang membedakan antara search engine dengan direktori adalah direktori mengindex halaman website secara manual.

Artinya adalah mereka menggunakan manusia biasa untuk menganalisa setiap halaman website yang masuk. Tidak menggunakan crawler atau spider seperti search engine. Jumlah database direktori tentunya jauh lebih sedikit dibandingkan search engine.
Contoh direktori adalah yahoo direktori, open direktori, dan looksmart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar