Rabu, 23 Desember 2009

Tips Organisasi : Tempatkan Seseorang Pada Posisi Yang Sesuai

Kali ini saya mau membagi pengalaman saya berorganisasi selama ini . Saya ingin sekali berbagi pengalaman di bidang ini . Saya sudah mengalami pahit manisnya berorganisasi , dan telah mengalami banyak kegagalan dan mengambil pengalaman darinya .

Yang pertama adalah tentang penempatan seorang bawahan . Jika anda pernah atau sedang diposisikan sebagai ketua dalam suatu organisasi , maka anda akan dihadapkan pada permasalahan penempatan masing-masing koordinator bagian .

Ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan organisasi yang anda pimpin . Anda harus menempatkan seseorang pada posisi yang menurut anda tepat untuk dia . Orang yang berkompeten pada bidang tertentu akan bekerja lebih maksimal pada bidang itu pula .

Anda tidak boleh salah menempatkan , karena akibatnya bisa fatal . Sama seperti yang saya alami dulu . Dan itu membuat event yang kami adakan berjalan kurang lancar .

Untuk itu setelah anda terpilih sebagai ketua organisasi atau ketua panitia suatu event , pertama yang harus anda lakukan adalah memilih beberapa orang untuk mengisi posisi-posisi yang anda rencanakan . Mulai dari sekertaris, bendahara , seksi perlengkapan , seksi dokumentasi , dst . Itu kalau pada event .

Dan usahakan anda telah memilih orang pada posisi yang memang dia mampu berada disana . Jangan hanya karena orang itu akrab dengan anda lalu anda memposisikanya pada posisi yang bergengsi . Itu namanya nepotisme , dan itu tidak baik bagi kelangsungan organisasi anda .

Oke sementara itu dulu yang bisa saya post disini . Walaupun saya hanya seorang anak kemarin sore , tapi saya yakin pada prinsipnya berorganisasi itu sama . Ada teknik-teknik tertentu yang harus dilakukan dan ada hal-hal tertentu yang harus dihindari . Dan itu berlaku mulai dari organisasi kecil seperti OSIS di sekolah , partai , LSM , maupun pemerintahan .

Buat anda yang ingin sharing mengenai pengalaman berorganisasi , silahkan berkomentar !

3 komentar:

  1. righ man in right place..
    pemimpin sebisa mungkin mengenal siapa calon partnernya serta dapat menempatkannya di posisi yang sesuai dengan minat dan bakatnya :)

    BalasHapus
  2. usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

    BalasHapus