Senin, 28 Desember 2009

Bagaimana Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Seketika

Ada satu hal yang menarik yang bisa saya ambli dari buku berjudul "Confidence" karya Barbara De Angelis, Ph.D.
Anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri anda hanya dalam beberapa menit bahkan beberapa detik saja .

Percaya diri disini bukan hanya kepercayaan diri untuk menghadapi orang lain. Tapi percaya diri yang sebenarnya menurut Barbara adalah keyakinan dalam diri untuk melakukan sesuatu walaupun diliputi rasa takut yang besar .

Dan bahwa rasa takut untuk memulai sesuatu itu menandakan besarnya keinginan anda terhadap target anda . Jika tidak ada rasa takut sama sekali berarti anda tidak benar-benar menginginkanya .

Dan cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri seketika adalah dengan mengambil langkah pertama menuju sesuatu yang anda targetkan .

Karena inilah yang menjadi masalah besar bagi hampir semua orang . Yakni langkah pertama . Jika anda brhasil mengambil langkah pertama , maka langkah-langkah selanjutnya anda akan merasa percaya diri anda mengingkat . Anda akan semakin bersemangat mengejar target yang anda harapkan .

Anda mungkin pernah merasakan hal ini . Saat anda mau menulis sesuatu anda tidak yakin bahwa anda mempunyai ide untuk anda tulis . Mungkin anda juga tidak yakin bahwa tulisan anda akan diterima orang lain dan mendapat pujian dari mereka . Padahal saat itu anda sudah memegang pena dan buku dihadapan anda .

Maka langkah pertama yang harus anda lakukan saat itu adalah menggoreskan pena anda diatas kertas . Entah apa yang akan anda tulis terserah . Paksakan diri anda untuk memulai langkah pertama tersebut . Setelah itu saya yakin akan muncul ide-ide baru dalam pikiran anda yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya . Rasa percaya diri anda juga akan muncul saat itu juga bahwa anda mampu menulis sesuatu yang bagus .

Itu hanyalah salah satu contoh saja . Ingatlah saat anda berhasil memulai langkah pertama dalam hal apapun , semuanya akan terasa mudah dan ringan setelah itu .

Buang jauh-jauh rasa takut anda saat akan memulai sesuatu . Atau anda tetap merasakannya tetapi rasa takut itu tidak boleh mematahkan semangat anda .

Karena percaya diri itu menurut Barbara bukanlah kemampuan menghilangkan rasa takut , tetapi kemampuan untuk tetap melangkah walaupun diliputi rasa takut yang besar.

Semoga anda semakin percaya diri menghadapai dunia ini !

1 komentar:

  1. usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

    BalasHapus