Selasa, 19 Januari 2010

Belajar Membuat Blog Bisa Membuat Stress

Belajar membuat blog memang dapat menyebabkan stress pada sebagian orang. Membuat blog memang gampang-gampang susah. Setidaknya seseorang yang ingin tahu cara membuat blog harus mengerti dulu dasar-dasar penulisan HTML. Proses belajar HTML inilah yang bisa menyebabkan stress pada para pemula dalam dunia blog.

Untuk mengerti tag-tag pada penulisan HTML tidaklah mudah. Seseorang setidaknya harus hafal dan paham apa fungsi dari masing-masing tag. Setelah itu baru dia bisa memodifikasi blognya.

Kesulitan yang sering terjadi adalah saat memodifikasi beberapa bagian dari blog. Misalnya saja saat ingin membuat readmore pada blog . Kita harus mengutak-atik konstruksi HTML pada blog kita. Kemudian yang paling menjengkelakan adalah ketika kita sudah selesai mengutak-atiknya kemudian akan kita simpan lalu terjadi error. Buat para pemula pasti akan sangat bingung ketika menemui error seperti ini.

Saat-saat seperti inilah yang saya katakan belajar membuat blog bisa menyebabkan stress. Karena tentu saja ketika terjadi masalah atau error pada blog, kita tidak mampu mengatasinya. Lalu kita mau bertanya kepada siapa coba ?

Sebenarnya sudah banyak blog-blog lain yang menyediakan tutorial untuk memodifikasi blog. Tapi walaupun begitu tidak semua tutorial itu dapat berjalan dengan baik bila kita praktekkan. Karena konstruksi HTML pada masing-masing blog ada yang berbeda. Dari yang klasik hingga yang modern pasti ada sedikit perbedaan.

Saya sedikit geli ketika melihat teman-teman dikelas saya saat belajar membuat blog. Mereka mengutak-atik blog mereka dan kebetulan terjadi error. Pasti mereka akan marah-marah sendiri gak jelas. Dan biasanya langsung minta bantuan ke saya ( kebetulan saya lebih mengerti :).

Itu adalah kisah dari para pelajar yang belajar membuat Blog. Mereka saja bisa stress. Apalagi para pemula yang berasal dari kalangan orang awam misalnya. Mungkin mereka bisa lebih stress dari teman-teman saya ini. Tapi semoga saja tidak.

Saran saya buat yang lagi belajar membuat blog, jangan mudah menyerah. Jangan terbawa stress. memang kesalahan atau error saat mengutak-atik blog sering terjadi khususnya bagi yang baru belajar membuat blog.

Tapi lama-lama pemahaman dan keahlian akan terasah. Kesalahan atau error juga akan berkurang seiring dengan proses belajar membuat blog . Sehingga anda bisa membuat blog dan mengutak-atik blog anda tanpa terjadi error yang bisa menyebabkan jengkel :)

4 komentar:

  1. kadang ngeblog tu mnyenangkan koq..
    malah nambah ilmu...

    BalasHapus
  2. iya sih memang menyenangkan juga buat saya..
    tapi di awal2 dulu kadang juga buat stress karena masih bego masalah ngeblog.. hi..hi..

    BalasHapus
  3. yang penting kan sekarang dah bisa jadi bloger sungguhan.........

    BalasHapus