Sabtu, 09 Januari 2010

Ribuan Grup-Grup Di Facebook Tanpa Makna

Saya menulis ini karena barusan saya membuka akun facebook saya. Disitu saya tertegun melihat ada banyak sekali grup-grup baru bermunculan di dinding teman-teman. Entah siapa yang membuatnya saya juga tidak tahu.

Yang saya pikirkan adalah , apa sih manfaat dari grup-grup sebanyak itu ?

Coba anda anda sebutkan apa manfaat dari adanya grup-grup di facebook sebanyak itu ..

Saya heran , kebanyakan orang senang jika bergabung dengan beberapa grup yang ada di facebook . Terlebih lagi kalau grup itu berhubungan erat dengan hobinya. Tapi kebiasaan buruk kebanyakan orang adalah jika mereka sudah bergabung dengan grup yang mereka sukai mereka akan membiarkanya berlalu begitu saja .

Mungin hanya sekali atau dua kali membuka dinding grup tersebut . Setelah itu ditinggal sama sekali. Lalu apa manfaat dari grup-grup itu sendiri ?? Coba anda jelaskan pada saya .. Saya sendiri sangat bingung .

Grup-grup sebanyak itu juga tidak mengajarkan apa-apa . Bahkan si pengurus grup itu sendiri mungkin juga membiarkan saja grupnya tanpa diurus lebih lanjut.

Dan grup-grup itu tidak memberikan kontribusi apa-apa bagi penggemar atau anggota grup itu. Mungkin hanya sebagai "embel-embel' saja bagi mereka .

Adanya grup-grup tanpa makna itu menurut saya sangat mengganggu pemandangan di facebook.

Inilah mengapa sosial media juga berpotensi merusak atau mengubah kebiasaan manusia menjadi lebih buruk . Seperti yang telah dijelaskan pada sisi negatif friendster, kaskus, atau yang lainnya . Dan saya yakin facebook pun juga ada sisi negatifnya dibandingkan sisi positifnya itu sendiri.

Mungkin ada juga beberapa grup yang terus diurus oleh pembuatnya dan terus diupdate isinya . Aktifitas di forum diskusinya pun ada yang terus ikut berpartisipasi. Tapi grup yang seperti itu presentasenya hanya sedikit sekali juka dibandingkan dengan grup-grup yang tanpa makna tadi .

Semoga saja kita bisa mengambil sisi positifnya dan meninggalkan sisi negatifnya ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar