Senin, 18 Januari 2010

Bolos Sekolah ? Ayo ! Jangan !

Dunia SMA memang identik dengan yang namanya kenakalan remaja, seperti misalnya perkelahian, minum-minuman keras, merokok, bolos sekolah. Itu semua adalah hal-hal negatif yang sering kita temui di sekolah-sekolah SMA saat ini. Begitu juga dengan SMA tempat saya bersekolah saat ini.

Adanya pengaruh dari lingkungan sekolah maupun luar sekolah itulah yang membuat seorang siswa SMA melakukan tindakan negatif seperti yang disebutkan diatas. Pengaruh dari lingkungan sekolah bisanya ditularkan oleh teman-teman si remaja dalam satu kelas. Ketika seorang remaja ditempatkan pada kelas yang kebanyakan siswanya "nakal", maka kemungkinan besar siswa tersebut akan terbawa oleh lingkungannya.

Kenakalan para remaja yang sering kali dilakukan adalah bolos sekolah. Bolos sekolah sebenarnya tidak merugikan siapapun kecuali si pelakunya. Karena dengan bolos sekolah si siswa tersebut akan ketinggalan pelajarannya di sekolah.

Akibatnya siswa tidak mampu mengikuti pelajaran selanjutnya dengan benar, karena pada pelajaran terdahulu dia tidak masuk.

Tapi bolos saat pelajaran berlangsung memang sangat menyenangkan bagi si pelakunya. Saya sendiri juga sering bolos saat pelajaran berlangsung :) . Bukan tanpa ijin tetapi memang ada suatu kepentingan misalnya ada kegiatan OSIS atau ekstrakulikuler tertentu yang saya ikuti.

Saran saya bagi anda yang punya anak, adik, teman, atau keponakan yang masih duduk di bangku SMA, selalu pantau aktivitasnya disekolah setiap hari . Anda bisa menanyakannya pada teman dekat anak, adik, atau keponakan anda yang masih SMA.

Jangan sampai dia terpengaruh oleh pergaulan negatif masa SMA. Tapi kalau dia ikut suatu organisasi atau ekstrakulikuler di sekolah maka biarkan saja, atau malah dukung mereka untuk berorganisasi. Karena itu baik bagi mereka untuk mengasah jiwa kepemimpinannya.

1 komentar: