Kamis, 14 Januari 2010

Olahraga Otak = Olahraga Sebenarnya



Kesehatan memang suatu kebutuhan bagi setiap manusia. Kesehatan sangatlah penting bagi kelangsungan hidup seseorang. Betapa tidak, bayangkan kalau anda sakit. Hari-hari anda akan terasa sangat buruk. Anda tidak bisa pergi kemana-mana dan tidak bisa melakukan rutinitas anda seperti biasa.

Cara menjaga kesehatan salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang penting yang dapat menjaga kesehatan seseorang dengan baik. Dengan berolahraga tubuh seseorang akan terjaga dari segala penyakit. Dengan berolahraga peredaran tubuh manusia menjadi lancar, saraf-saraf menjadi normal, dan otak menjadi lebih segar.

Tapi kendala yang dialami kebanyakan orang adalah mereka malas berolahraga. Mereka terlalu sibuk menjalani rutinitas pekerjaannya setiap hari. Sehingga mereka akan lupa dengan kebutuhan olahraga untuk kesehatan mereka.

Nah untuk mengatasi hal ini ada satu hal yang dapat anda lakukan untuk tetap berolahraga setiap hari. Anda tidak perlu pergi ke fitness center untuk berolahraga.

Caranya adalah membayangkan dengan pikiran anda bahwa anda sedang berolahraga. Penelitian terakhir mnunjukkan bahwa membayangkan sedang berolahraga selama 30 menit setiap hari dengan interval 10 menit sama dengan olahraga sebenarnya.

Anda boleh percaya atau tidak. Saya mengetahui hal ini dari sebuah radio di kota saya. Kebetulan ada tips menarik satu ini.

Anda hanya meluangkan waktu 10 menit setiap ada waktu luang untuk berolahraga dengan otak atau membayangkan sedang berolahraga. Lakukan ini setiap hari selama 30 menit.

Dengan cara seperti ini otak anda akan memerintahkan jaringan tubuh anda khususnya otot untuk berkonsentrasi seperti saat sedang berolahraga. Koordinasi antara otak dan sel-sel otot inilah yang akan menjadikan sel otot anda seperti sedang berolahraga. Walaupun anda tidak akan berkeringat, tapi perubahan yang terjadi adalah di otot anda secara tidak sadar.

Saya sendiri pernah mencoba hal ini. Saat saya merasa sangat senang dengan yang namanya olahraga basket saat kelas 2 SMA dulu , saya selalu melakukan olahraga otak ini disamping olahraga basket yang sebenarnya. Saat itu saya ingin sekali mendrible bola basket dengan cepat dan lincah. Saya belajar melakukannya setiap sore. Dan saya juga mengimbanginya dengan olahraga otak setiap saat. Saya berkonsentrasi membayangkan di pikiran saya sedang mendrible bola dengan melewati musuh-musuh saya. Begitu yang saya bayangkan setiap saat. Saat berangkat ke sekolah, saat berjalan-jalan, saat santai dan saat-saat yang lain.

Dengan melakukan olahraga pikiran seperti itu, saya bisa merasakan saya bisa mendrible bola basket dengan lincah saat saya benar-benar memegang bola basket. Mungkin karena koordinasi anggota tubuh dan otak saya telah terbentuk sehingga saya seolah-olah sudah biasa mendrible bola basket. Oleh karena itu tangan saya menjadi tidak kaku lagi karena otak dan otot di tangan saya sudah terbiasa melakukan drible bola secara khayalan.

Anda pun bisa melakukannya dirumah. Bayangkan anda sedang beolahraga dengan asyik. Dan anda akan benar-benar berolahraga.

Itulah salah satu kekuatan dari pikiran semua orang. Kalau kita bisa memanfaatkan pikiran kita dengan baik, maka kita akan mencapai apa yang kita inginkan.

24 komentar:

  1. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  2. Ilmu yang sangat bermanfaat di dalam Artikel dan menambah wawasan. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  3. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  4. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  5. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    BalasHapus
  6. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  7. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  8. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  9. Setelah memabaca Artikel yang dimuat di Wibesite ini, saya bertambah Ilmu Pengetahuan. Sukses selalu

    BalasHapus
  10. Aku sangat senang saat baca Artikel di Wibesite. Isinya yang buat Aku semangat membacanya. boleh dicoba.

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas Info dan Artikel yang benar benar menambah wawasan. boleh dicoba.

    BalasHapus
  12. saya cari di beberapa Wibesite ternyata disini saya dapat membaca Artikel dan Info yang Amazing. saya akan mencobanya. sukses selalu

    BalasHapus
  13. Terimakasih atas Pencerahan Lewat Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba

    BalasHapus
  14. Terimakasih Atas Artikel yang sangat bermanfaat dan Infomatif. saya akan Praktekan langsung berhasil.

    BalasHapus
  15. Setelah saya mendengar bahwa di Wibesite ini Artikel dan Infonya sangat Amazing . boleh dicobakan

    BalasHapus
  16. Terimakasih Tulisan dan Tips yang sangat menambah Ilmu Pengetahuan. sukses selalu

    BalasHapus
  17. Setelah membaca Artikel yang sangat menyenangkan. saya akan praktekan langsung, semoga berhasil

    BalasHapus
  18. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  19. Setelah saya membaca Artikel dan Tipsnya yang sanagat Infomatif.

    BalasHapus
  20. Ilmu yang sangat bermanfaat di dalam Wibesite dan Tipsnya yang sangat Infomatif. boleh dicoba

    BalasHapus
  21. Terimakasih buat Artikel yang sangat memberikan Informasi dan Tipsnya. boleh dicoba.

    BalasHapus
  22. Terimakasih atas Artikel yang sanag Infomatif. boleh dicoba salam sukses

    BalasHapus
  23. Artikel yang Menarik boleh sekali dicoba. sukses selalu

    BalasHapus