Sabtu, 09 Januari 2010

Tips Menghadapi Ketakutan Dan Kekhawatiran Saat Akan Melakukan Apapun

Saya yakin anda yang membaca tulisan ini pernah mengalami ketakutan atau kekhawatiran saat akan melakukan sesuatu .

Mungkin seperti ini ; anda punya ide bagus untuk membersihkan lingkungan di RT anda tinggal . Anda tahu dengan diadakannya gotong royong untuk membersihkan tempat tinggal anda lingkungan anda akan menjadi bersih dan indah. Tapi disisi lain anda takut untuk mengungkapkannya kepada para tetangga. Nanti dikira sok bersih, sok perhatian, dan segudang alasan lain untuk tidak melakukannya.

Sebenarnya hal itu wajar-wajar saja. Setiap ada ide yang muncul di pikiran anda selalu diikutii dengan sisi positif dan sisi negatif dari pemikiran anda .

Dan kebanyakan orang akan merasa khawatir karenaadanya sisi negatif dari pemikirannya itu . Padahal sisi negatif itu hanyalah buah dari pikiran anda. Dan hal itu belum tentu akan benar-benar terjadi.

Tetapi anda sudah merasa takut sebelum bertindak. Anda lebih terpengaruh dengan sisi negatifnya dari pada sisi positifnya. Dan itulah yang membuat ide-ide cemerlang anda tidak terlaksana.

Nah untuk mengatasi hal diatas ada sebuah tips yang bisa anda lakukan dibawah ini :

Saya menyebutnya tabel positif negatif.

  1. Siapkan kertas dan alat tulis.

  2. Kemudian bagilah kertas tersebut menjadi dua bagian dengan garis. Misalnya buatlah garis yang membagi kertas menjadi sisi kiri dan kanan.

  3. Kemudian anggap sisi kiri adalah sisi negatif sedangkan sisi kanan adalah sisi positif.

  4. Tuliskan hal-hal negatif yang berhubungan dengan ide anda tersebut pada sisi kiri kertas. Tuliskan sebanyak-banyaknya.

    Misalnya ide yang berhubungan dengan hal diatas ; saya akan dicemooh oleh warga, warga ada yang tidak setuju dengan pendapat saya, para warga terlalu sibuk melakukan hal itu sehingga ide saya akan ditolak, dan sebagainya yang membuat mental anda menciut untuk melakukan ide anda.

  5. Setelah itu tuliskan juga hal-hal positif yang berhubungan dengan ide anda pada sisi sebelah kanan kertas. Tuliskan juga sebanyak-banyaknya.

    Misalnya ide yang berhubungan dengan hal diatas ; ide saya ini sangat bagus untuk diterapkan, warga akan banyak yang setuju dengan ide saya, lingkungan tempat tinggal saya akan menjadi bersih, warga akan senang dengan ide saya, dan sebagainya yang membuat anda bersemangat untuk melakukan ide anda.

  6. Setelah kedua sisi kertas terisi , kemudian tutuplah sisi negatif dengan tangan anda sehingga yang terlihat hanya sisi positif saja.

  7. Baca berulang-ulang sisi positif tersebut dan pikirkan kembali keuntungan yang akan anda dapatkan jika ide itu dapat anda wujudkan.


Dengan begitu pikiran anda akan melihat dari sisi positif saja dan akan membuang sisi negatif dari ide anda yang membuat mental anda menciut untuk melakukannya.

Setelah itu anda akan menjadi lebih bersemangat dan hilang rasa takut dan khawatir anda. Sehingga ide itu bisa jadi benar-benar akan terlaksana.

Buatlah tabel positif negatif ini setiap kali anda mengalami ketakutan atau kekhawatiran saat akan melakukan sesuatu. Sehingga ide cemerlang anda akan benar-benar terlaksana dan bermanfaat bagi anda dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar