Minggu, 06 Desember 2009

Saatnya Beralih ke Otak Kanan



Memasuki abad ke 21 ini dunia tidak lagi membutuhkan orang-orang dengan otak kiri melainkan yang dibutuhkan dunia adalah orang-orang dengan otak kanan . Orang orang dengan otak kanan adalah orang yang kreatif , inovatif , berjiwa seni sedangkan orang-orang dengan otak kiri adalah orang yang ahli matematika , ahli logika , orang-orang yang berfikir pasti .

Kalau kita melihat ke belakang beberapa puluh tahun yang lalu (mungkin saya belum lahir) orang-orang yang ahli berhitung sangat dihargai di masyarakat . Mereka dianggap sebagai orang yang serba bisa , mereka dianggap sebagai orang yang bisa sukses . Dan kenyataanya memang begitu . Banyak organisasi-organisasi pemerintah maupun non pemerintah yang merekrut orang yang pintar berhitung untuk menjadi anggota mereka . Orang-orang itu juga menduduki jabatan yang tinggi di sebuah organisasi . Mereka digaji dengan bayaran yang lumayan besar dikala itu . Seorang akuntan yang handal sangat dihargai dimasyarakat karena mereka bisa mengerjakan perhitungan dengan tepat yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain .

Tapi sekarang , seiring berjalanya waktu dan berkembang pesatnya teknologi mereka sudah tidak lagi dibutuhkan . Kenapa ? Karena sekarang sudah ada komputer . Komputer adalah sistem otak kiri yang jauh lebih tepat dan cepat dibandingkan dengan otak manusia . Saat ini semua pekerjaan otak kiri bahkan bisa dilakukan oleh komputer . Coba anda lihat barang-barang disekitar anda . Kalkulator , komputer , Microsoft Excel , adalah sebagian kecil dari program penghitung yang super cepat . Bahkan beberapa waktu lalu telah diciptakan sebuah software yang mampu menangani sistem akuntansi pada perusahaan yang lebih cepat dan tepat dibandingkan akuntan kaliber internasional sekalipun .

Sebenarnya perusahaan bisa saja memecat pegawainya dan menggantikanya dengan komputer dan mesin . Hal itu akan jauh lebih efektif dan efisien bagi perusahaan karena mereka tidak lagi dibebani dengan membayar gaji karyawan setiap bulannya . Tapi ini masalah toleransi antar sesama manusia . Ini masalah perasaan . Kita tidak tahu berapa tahun lagi para pekerja di bagian tertentu sebuah perusahaan sudah tidak berguna lagi . Sedangkan persaingan kerja saat ini sangat ketat . Terbukti dengan semakin banyaknya para pencari kerja setiap tahun .

Saatnya beralih ke otak kanan . Seperti yang kita tahu komputer dan mesin tidak bisa mengerjakan pekerjaan otak kanan . Bisakah komputer membuat lukisan yang indah dan bernilai seni ? Bisakah komputer menciptakan sebuah lagu yang enak didengar dan meresap kedalam perasaan kita ? Tentu tidak akan bisa . Komputer hanya dijadikan sebagai pembantu saja dalam menciptakan sebuah karya seni . Tapi sumber dari seni itu semua adalah otak kanan manusia itu sendiri .

Kalau kita lihat sekarang , pendapatan para musisi ada yang jauh melebihi pendapatan presiden . Seorang pelukis terkenal pendapatnya pun melebihi pendapatan para menteri . Para pengusaha tentu pendapatnya lebih besar daripada seorang dokter atau guru . Seorang profesional gajinya tidak akan melebihi seorang seniman . Karena pada abad 21 nanti yang dibutuhkan dunia adalah orang-orang yang kreatif , inovatif yang mampu menciptakan karya-karya yang indah dan bernilai seni . Barang-barang yang bernilai kreatifitas tinggi itulah yang dibutuhkan manusia sekarang . Contohnya di pasaran Hanphone saat ini muncul berbagai desaign handpone yang cantik , unik dan kreatif setiap bulanya . Dan barang-barang itulah yang akan dipilih oleh konsumen . Konsumen lebih memilih sesuatu yang indah , unik dan bernilai seni . Tidak hanya itu semua merek barang saat ini lebih menonjolkan sisi keindahan dan keunikan baik dari segi desain tampilan luar produk itu , pengiklanan sistem penjualan dan lain-lain .

Untuk itu dalam menghadapi persaingan kerja dan kesulitan hidup saat ini dan nanti , kita harus bisa menjadi orang-orang yang kreatif dan inovatif . Kita harus bisa menghasilkan karya-karya yang indah yang dibutuhkan masyarakat dunia , karena dengan begitu kita akan mampu lolos dari seleksi persaingan kerja dan akan hidup dengan berkecukupan dari hasil karya kita .

Bagaimana menurut anda ?

1 komentar:

  1. usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

    BalasHapus